GLOSARIUM

TAUTAN A-Z

A B C D F G H I K L M N O P R S T U W Z

A

ADMINISTRASI TELEKOMUNIKASI DAN INFORMASI NASIONAL

Sebuah Lembaga di AS. Departemen Perdagangan, keputusan utama Cabang Eksekutif tentang masalah teknologi telekomunikasi serta informasi domestik dan internasional. NTIA adalah lembaga dalam DoC yang mengelola perjanjian kerja sama dengan Verisign dan Nota Kesepakatan dengan ICANN.

AKAR

Bagian teratas pada hierarki Sistem Nama Domain (DNS). Sering disebut sebagai “dot”.

ALAMAT IP

Pengidentifikasi angka unik yang digunakan untuk menentukan host dan jaringan. Nomor Protokol Internet (IP) adalah bagian dari skema global yang terstandarisasi untuk mengidentifikasi mesin yang tersambung ke Internet. Secara teknis, nomor IP adalah alamat 32 bit yang terdiri atas empat oktet, dan dinyatakan sebagai empat angka antara 0 hingga 255, dipisahkan titik, misalnya: 198.41.0.52. Alokasi IP untuk Amerika, Karibia, dan Afrika sub-Sahara saat ini ditangani oleh Registri Amerika untuk Nomor Internet (ARIN). Alokasi IP untuk Eropa saat ini ditangani oleh RIPE (Reseaux IP Europeens). Alokasi IP untuk kawasan Asia/Pasifik saat ini ditangani oleh Pusat Informasi Jaringan Asia-Pasifik (APNIC).

ATLAS

Sistem Pencarian dan Sinyal Transaksi. ATLAS adalah platform infrastruktur Verisign generasi berikutnya yang dibuat untuk menjadi agnostik protokol, infrastruktur direktori yang sangat terukur, sangat andal, dan aman untuk jangkauan luas pencarian data identitas atau transaksi.

Kembali ke atas

B

BERKAS ZONA

Berkas berisi data yang menjelaskan bagian dari ruang nama domain untuk domain tingkat atas tertentu. Berkas zona berisi informasi yang diperlukan untuk menetapkan nama domain ke nomor Protokol Internet (IP). Berkas zona berisi nama domain, nama server nama terkait, serta alamat IP untuk server nama tersebut. Verisign akan memperbarui berkas zona untuk TLD .com dan .net setiap lima menit.

BERKAS ZONA

Berkas zona berisi informasi yang diperlukan untuk menetapkan nama domain ke alamat Protokol Internet (IP). Berkas zona berisi nama domain aktif, nama server nama terkait, serta alamat IP untuk server nama tersebut.

BERKAS ZONA TLD

Berkas berisi data yang menjelaskan bagian dari ruang nama domain untuk domain tingkat atas tertentu. Berkas zona berisi informasi yang diperlukan untuk menetapkan nama domain ke nomor Protokol Internet (IP). Berkas zona berisi nama domain, nama server nama terkait, serta alamat IP untuk server nama tersebut. Verisign akan memperbarui berkas zona TLD untuk TLD .com dan .net setiap lima menit.

Kembali ke atas

C

CCTLD

Domain Tingkat Atas Kode Negara

Kembali ke atas

D

DATA SUMBER DAYA PENGAKTIFAN OTORITAS (SOA)

Jenis data yang digunakan di database terdistribusi, yakni Sistem Nama Domain (DNS) guna menunjukkan bahwa server nama tertentu berisi data resmi untuk domain tertentu.

DELEGASI LAME

Mencantumkan host (server nama) yang tidak berisi data Pengaktifan Otoritas (SOA) untuk nama domain saat mendaftarkan nama domain dengan registri atau pencatat.

DEWAN NAMA

Dewan Nama (NC) merupakan bagian dari Organisasi Pendukung Nama Domain (DNSO), yakni salah satu dari tiga organisasi pendukung bagi Perusahaan Internet untuk Nama dan Nomor yang Ditetapkan (ICANN). Dewan tersebut terdiri atas tiga representatif dari setiap konstituensi DNSO yang diakui oleh Dewan ICANN, dengan pengecualian sementara pada Konstituensi Registri gTLD yang saat ini hanya memiliki satu representatif. NC bertanggung jawab atas manajemen proses pembuatan konsensus DNSO.

DNS

Sistem Nama Domain

DNSO

Organisasi Pendukung Nama Domain – Organisasi pendukung ICANN (Perusahaan Internet untuk Nama dan Nomor yang Ditetapkan). Organisasi ini memberikan masukan kepada Dewan ICANN tentang masalah kebijakan yang terkait dengan Sistem Nama Domain. DNSO terdiri atas: (i) Dewan Nama (“NC”), terdiri atas perwakilan konstituensi yang dipilih oleh Konstituensi dan 9(ii) Majelis Umum (“GA”), yang terdiri atas semua orang dan entitas yang berkepentingan.

DOC

Departemen Perdagangan Amerika Serikat

DOMAIN TINGKAT ATAS

Di Sistem Nama Domain (DNS), tingkat hierarki tertinggi setelah akar. Di nama domain, bagian dari nama domain tersebut yang ditampilkan di ujung kanan. Misalnya, “.com” di “verisigninc.com.”

DOMAIN TINGKAT ATAS KODE NEGARA

Domain tingkat atas terdiri atas singkatan 2 karakter sebagaimana ditetapkan dalam ISO 3166-1 (Kode Perwakilan Nama Negara Beserta Subdivisinya). Per akhir 2004, akan tersedia hampir 250 kode negara domain tingkat atas (ccTLD) yang terdaftar. Berikut adalah beberapa contohnya, .us untuk Amerika Serikat, .ca untuk Kanada, .jp untuk Jepang, .de untuk Jerman, dll. ccTLD sering kali bertolak belakang dengan domain tingkat atas umum (gTLD). ccTLD sering kali memiliki persyaratan pendaftaran yang lebih ketat, termasuk persyaratan regional yang membuat gTLD cenderung terbuka bagi semua pendaftar di seluruh dunia.

DOMAIN TINGKAT ATAS UMUM

Nama domain tingkat atas yang terbuka bagi pendaftar di seluruh dunia bertolak belakang dengan domain tingkat atas kode negara yang sering kali membatasi pendaftar yang berlokasi di negara atau kawasan tertentu. .gTLD mencakup .com, .net, .org, .biz, .info, dan .name.

Kembali ke atas

F

FORUM INTERNASIONAL TENTANG LAPORAN RESMI

Kelompok yang dikelola sendiri pada Juni 1998 untuk tujuan pembentukan forum internasional yang akan merespons rekomendasi Laporan Resmi

Kembali ke atas

G

GTLD

Domain Tingkat Atas Umum

GUGUS TUGAS REKAYASA INTERNET

Badan sukarela internasional yang terdiri atas perancang jaringan, teknisi, peneliti, vendor, dan siapa pun yang tertarik untuk bekerja sama mengatasi dan menjawab masalah teknis maupun operasional di Internet serta mengembangkan standar dan protokol Internet. IETF, yang dibentuk oleh Dewan Arsitektur Internet (IAB), mengadakan pertemuan tiga kali setahun, namun sebagian besar kerja sama dan tugas terjadi di berbagai milis yang dikelola pesertanya.

Kembali ke atas

H

HOST

Disebut juga sebagai server nama. Komputer yang memiliki perangkat lunak dan data (berkas zona) diperlukan untuk menetapkan nama domain menjadi nomor Protokol Internet (IP).

Kembali ke atas

I

IANA

Otoritas Angka yang Ditetapkan Internet

ICANN

Perusahaan Internet untuk Nama dan Nomor yang Ditetapkan

IETF

Gugus Tugas Rekayasa Internet

IFWP

Forum Internasional tentang Laporan Resmi

INTERNIC

Pusat Informasi Jaringan Internet. InterNIC adalah merek layanan terdaftar dari Departemen Perdagangan AS. InterNIC adalah nama yang diberikan untuk sebuah proyek yang awalnya dikerjakan pada tahun 1993 di bawah perjanjian kerja sama dengan Yayasan Ilmu Pengetahuan Nasional (NSF), yang memungkinkan Network Solutions, Inc (sekarang Verisign) menyediakan layanan pendaftaran nama domain di .com dan .net. Nama InterNIC tidak lagi digunakan Verisign untuk layanannya. Saat ini InterNIC adalah nama situs web yang disediakan Perusahaan Internet untuk Nama dan Nomor yang Ditetapkan.

IP

Protokol Internet (lihat Protokol Internet atau Alamat IP)

Kembali ke atas

K

KELOMPOK KERJA

Kelompok Kerja adalah badan dari anggota Majelis Umum Organisasi Pendukung Nama Domain yang dibentuk oleh Dewan Nama DNSO untuk melaksanakan tanggung jawab pembangunan konsensus. Setiap Konstituensi DNSO yang diakui dapat berpartisipasi dalam semua kelompok kerja.

KOMISI PERANCANG

Komisi perancang adalah badan dari anggota Majelis Umum Organisasi Pendukung Nama Domain yang dibentuk oleh Dewan Nama DNSO untuk melaksanakan tanggung jawab pembangunan konsensus. Setiap Konstituensi DNSO yang diakui dapat berpartisipasi dalam semua komisi perancang.

KONSTITUENSI

Organisasi Pendukung Nama Domain ICANN terdiri atas Dewan Nama, sejumlah Konstituensi, dan Majelis Umum. Setiap Konstituensi memiliki organisasi masing-masing. Konstituensi awal terdiri atas (sesuai urutan abjad): 1. registri ccTLD; 2. entitas dagang dan usaha; 3. registri gTLD; 4. penyedia ISP dan konektivitas; 5. pemegang nama domain nonkomersial; 6. pencatat; 7. kepentingan merek dagang, kekayaan intelektual lainnya, dan antipemalsuan. Sekelompok orang atau entitas dapat mengajukan petisi ke Dewan ICANN untuk pengakuan sebagai Konstituensi baru maupun terpisah. Pelajari petisi dan piagam konstituensi baru yang mencakup arahan untuk kepatuhan.

Kembali ke atas

L

LAPORAN RESMI

Pernyataan Kebijakan untuk Manajemen Nama dan Alamat Internet yang dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan AS pada bulan Juni 1998 berdasarkan komentar yang diterima tentang Buku Hijau yang dipublikasi pada bulan Januari 1998. Di antara hal lainnya, Laporan Resmi mengimbau dibuatnya organisasi global nirlaba yang nantinya bertanggung jawab mengkoordinasikan empat fungsi penting untuk Internet, yakni manajemen sistem nama domain, alokasi ruang alamat IP, penetapan parameter protokol, dan manajemen sistem server akar.

LAYANAN NAMA

Menyediakan resolusi nama domain ke nomor Protokol Internet (IP) bagi perorangan atau organisasi dengan memiliki dan menyediakan perangkat keras, perangkat lunak, serta data yang diperlukan untuk menjalankan fungsi ini. Banyak Penyedia Layanan Internet (ISP) mengoperasikan server nama dan menyediakan layanan nama bagi pelanggannya saat mereka mendaftarkan nama domain. Sebagian besar pihak perorangan tidak dapat mengoperasikan server nama sendiri dan harus menggunakan layanan nama dari ISP atau pihak perorangan maupun organisasi lainnya.

LISENSI DAN PERJANJIAN PENCATAT

Kontrak yang harus disepakati pencatat dengan Verisign agar dapat menyediakan layanan pendaftaran melalui registri Verisign.

Kembali ke atas

M

MAJELIS UMUM

Majelis Umum (GA) adalah forum terbuka dalam pekerjaan Organisasi Pendukung Nama Domain (DNSO) ICANN. Peserta di GA harus merupakan individu yang memiliki pengetahuan dan tertarik pada masalah yang berkaitan dengan bidang yang menjadi tanggung jawab utama DNSO, dan mereka yang bersedia meluangkan waktu, tenaga, dan keahlian untuk pekerjaan DNSO, termasuk pembuatan proposal dan pengembangan area kerja, pembahasan area kerja, persiapan dokumen konsep, serta berpartisipasi dalam komisi penelitian dan perancang, sekaligus kelompok kerja.

MASA TENGGANG TAMBAHAN

Masa Tenggang Tambahan mengacu pada lima hari kerja setelah pendaftaran awal nama domain, dan selama masa tersebut, nama domain dapat dihapus dan kredit dapat diterbitkan ke Pencatat.

Kembali ke atas

N

NAMA DOMAIN

Konstruksi pengalamatan yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mencari komputer di Internet. Nama domain menyediakan sistem alamat Internet yang mudah diingat, yang dapat diterjemahkan oleh Sistem Nama Domain (DNS) menjadi alamat angka (nomor Protokol Internet (IP)) yang digunakan jaringan. Nama domain dibuat secara hierarkis dan sering kali menyampaikan informasi tentang jenis entitas yang menggunakan nama domain tersebut. Nama domain hanyalah label yang mewakili domain, yakni subset dari ruang nama domain total. Nama domain pada tingkat hierarki yang sama harus unik. Dengan demikian, misalnya, hanya ada satu .COM di tingkat hierarki teratas, dan hanya satu verisigninc.com pada tingkat hierarki berikutnya.

NAMA DOMAIN INTERNET

Konstruksi pengalamatan yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mencari komputer di Internet. Nama domain menyediakan sistem alamat Internet yang mudah diingat, yang dapat diterjemahkan oleh Sistem Nama Domain (DNS) menjadi alamat angka (nomor Protokol Internet (IP)) yang digunakan jaringan. Nama domain dibuat hierarkis dan sering kali menyampaikan informasi tentang jenis entitas yang menggunakan nama domain tersebut. Nama domain hanyalah label yang mewakili domain, yakni subset dari ruang nama domain total. Nama domain pada tingkat hierarki yang sama harus unik. Dengan demikian, misalnya, hanya ada satu .COM di tingkat hierarki teratas, dan hanya satu verisigninc.com pada tingkat hierarki berikutnya.

NAMA DOMAIN TIDAK DIKONFIGURASI

Nama domain Tidak Dikonfigurasi adalah pendaftaran nama domain yang tidak dikonfigurasi dengan server nama di registri Domain Tingkat Atas (TLD), dan dengan demikian tidak dipublikasi ke berkas zona TLD.

NAMA DOMAIN TINGKAT KEDUA

Di Sistem Nama Domain (DNS), tingkat hierarki berikutnya terdapat di bawah domain tingkat atas. Di nama domain, bagian dari nama domain tersebut yang ditampilkan tepat di sebelah kiri domain tingkat atas. Misalnya, "verisign" di "verisigninc.com". Nama domain tingkat kedua digunakan untuk menunjukkan bisnis dan masalah komersial lainnya di Internet.

NOMOR PROTOKOL INTERNET (ALAMAT IP)

Pengidentifikasi angka unik yang digunakan untuk menentukan host dan jaringan. Nomor Protokol Internet (IP) adalah bagian dari skema global yang terstandarisasi untuk mengidentifikasi mesin yang tersambung ke Internet. Secara teknis, nomor IP adalah alamat 32 bit yang terdiri atas empat oktet, dan dinyatakan sebagai empat angka antara 0 hingga 255, dipisahkan titik, misalnya: 198.41.0.52. Alokasi IP untuk Amerika, Karibia, dan Afrika sub-Sahara saat ini ditangani oleh Registri Amerika untuk Nomor Internet (ARIN). Alokasi IP untuk Eropa saat ini ditangani oleh RIPE (Reseaux IP Europeens). Alokasi IP untuk kawasan Asia/Pasifik saat ini ditangani oleh Pusat Informasi Jaringan Asia-Pasifik (APNIC).

NTIA

Administrasi Telekomunikasi dan Informasi Nasional

Kembali ke atas

O

ORGANISASI PENDUKUNG

Organisasi Pendukung ICANN berfungsi sebagai badan penasihat Dewan Sumber Daya SOA, dengan tanggung jawab utama mengembangkan dan menyarankan kebijakan penting sehubungan dengan masalah seputar tanggung jawab spesifik mereka.

OT&E

Pengujian dan Evaluasi Pengoperasian

OTORITAS ANGKA YANG DITETAPKAN INTERNET

Saat ini bertugas mengawasi pendaftaran untuk berbagai parameter Protokol Internet, misalnya nomor port, nomor protokol dan perusahaan, pilihan, kode, dan jenis. Saat ini IANA berkedudukan di Institut Ilmu Informasi, University of Southern California, Marina Del Rey, CA, dan di bawah arahan ICANN.

Kembali ke atas

P

PENCATAT

Pencatat menyediakan layanan langsung bagi pendaftar nama domain. Database pencatat berisi informasi pelanggan selain informasi DNS yang terdapat di database registri. Pencatat akan memproses pendaftaran nama untuk pengguna akhir Internet, lalu mengirim informasi DNS yang diperlukan ke registri untuk dimasukkan ke database registri terpusat dan penyebaran akhir melalui Internet. Terdapat beberapa pencatat yang menyediakan layanan pendaftaran melalui Verisign. Lihat juga InterNIC.

PENDAFTAR

Pihak perorangan atau organisasi yang mendaftarkan nama domain tertentu dengan pencatat. Perorangan atau organisasi ini berhak menggunakan nama domain tersebut selama jangka waktu yang ditetapkan, asalkan ketentuan tertentu terpenuhi dan biaya pendaftaran telah dibayar. Perorangan atau organisasi ini adalah “entitas hukum” yang terikat oleh persyaratan Perjanjian Pendaftaran Nama Domain dengan pencatat. Perlu diketahui bahwa registri Verisign hanya menyediakan layanan langsung bagi pencatat, bukan pengguna akhir Internet. Database registri hanya berisi informasi layanan nama domain (DNS) (nama domain, nama server nama, dan nomor Protokol Internet (IP) server nama) beserta nama pencatat yang mendaftarkan nama dan data transaksi dasar. Database tersebut tidak berisi pendaftar nama domain atau informasi kontak apa pun. Pencatat menyediakan layanan langsung bagi pendaftar.

PENETAPAN

Istilah ini digunakan untuk menjelaskan proses pencocokan nama domain dengan nomor Protokol Internet (IP) yang sesuai. "Resolusi" diperoleh melalui gabungan komputer dan perangkat lunak, disebut sebagai server nama, yang menggunakan data di Sistem Nama Domain untuk mengetahui nomor IP yang sesuai dengan nama domain tertentu.

PENGUJIAN DAN EVALUASI PENGOPERASIAN

Proses yang mencakup pencatat yang dilisensi oleh Registri untuk mengembangkan sistem dan perangkat lunak klien guna mendaftarkan serta mengelola nama domain dan server nama sebelum pengoperasian langsung di Sistem Pendaftaran Berbagi. Sistem Pendaftaran Berbagi mencakup lingkungan server Pengujian dan Evaluasi Pengoperasian bersama terisolasi yang digunakan untuk pengembangan sistem pencatat awal dan pengembangan serta pengujian pencatat aktif. Sebelum beroperasi di Sistem Pendaftaran Berbagi, pencatat harus menyelesaikan evaluasi fungsi dasar di lingkungan Pengujian dan Evaluasi Pengoperasian untuk mendemonstrasikan pengoperasian sistem klien yang lengkap dan benar. Evaluasi harus diselesaikan tanpa kesalahan agar pencatat mendapatkan akses ke Sistem Pendaftaran Berbagi.

PERJANJIAN AKSES BERKAS ZONA

Perjanjian dengan Verisign yang harus diikuti oleh pihak yang meminta akses ke berkas zona TLD Verisign.

PERJANJIAN KERJA SAMA

Jenis perjanjian kontraktual sering kali digunakan oleh Yayasan Ilmu Pengetahuan Nasional (NSF) Amerika Serikat yang memfasilitasi kerja sama antara organisasi swasta dan pemerintah AS yang bertujuan mendukung pengembangan teknologi baru dengan sasaran utama menerapkan teknologi tersebut di seluruh sektor swasta.

PERJANJIAN REGISTRI

Perjanjian yang disepakati pada 10 November 1999, antara ICANN dan Verisign. Perjanjian tersebut berisi persyaratan dan ketentuan yang memberikan kuasa kepada Verisign sebagai registri eksklusif untuk semua nama domain tingkat kedua di nama domain tingkat atas .com dan .net.

Pertanyaan Umum

Pertanyaan Umum

PERUSAHAAN INTERNET UNTUK NAMA DAN NOMOR YANG DITETAPKAN

Organisasi sektor swasta nirlaba internasional yang didirikan untuk mengkoordinasi empat fungsi utama Internet: manajemen sistem nama domain, alokasi ruang alamat IP, penetapan paramater protokol, dan manajemen sistem server akar.

PROTOKOL PROVISI YANG DAPAT DIPERLUAS (EPP)

EPP adalah protokol fleksibel yang dirancang untuk mengalokasikan objek dalam registri melalui Internet. EPP menggunakan XML (Extensible Markup Language) untuk melewati perintah dan respons dari Pencatat ke Registri dan sebaliknya.

Kembali ke atas

R

REGISTRI

Registri nama domain Internet adalah entitas yang menerima informasi layanan nama domain (DNS) dari pencatat nama domain, memasukkan informasi tersebut ke database terpusat, serta menyebarkan informasi dalam berkas zona Internet di Internet agar nama domain dapat ditemukan oleh pengguna di seluruh dunia melalui aplikasi seperti world wide web dan email. Verisign merupakan registri eksklusif untuk domain tingkat atas .com dan .net.

RRP

Protokol Registri/Pencatat

Kembali ke atas

S

SERVER AKAR

Komputer yang memiliki perangkat lunak dan data yang diperlukan dalam mencari server nama berisi data resmi untuk domain tingkat atas (misalnya, server akar mengetahui server nama yang berisi data resmi untuk .com, .net, .fr, .uk, dll.). Server akar sebenarnya adalah server nama dan berisi data resmi untuk hierarki teratas Sistem Nama Domain (DNS). Saat ini, spesifikasi teknis membatasi jumlah server akar hingga 13. Komputer tersebut saat ini tersebar di dunia, yakni di AS, Inggris, Swedia, dan Jepang.

SERVER KEDUA

Server nama yang akan digunakan selain dan sebagai cadangan server nama utama untuk nama domain. Nama dan alamat IP server kedua disediakan oleh pencatat saat mendaftarkan nama dengan registri Verisign.

SERVER NAMA

Disebut juga host. Komputer yang memiliki perangkat lunak dan data (berkas zona) diperlukan untuk menetapkan nama domain menjadi nomor Protokol Internet (IP).

SERVER UTAMA

Server nama yang akan digunakan lebih dulu dan diandalkan sebelum server nama lainnya yang mungkin tercantum bila nama domain telah terdaftar di registri. Saat mendaftarkan nama di Registri, pencatat harus memberikan nama dan alamat IP server utama untuk nama.

SERVER WHOIS

URL (alamat web) yang dapat berisi layanan Whois untuk registri atau pencatat tertentu. Ini adalah salah satu item informasi yang disediakan oleh Whois Verisign.

SISTEM NAMA DOMAIN

Database informasi terdistribusi yang digunakan untuk menerjemahkan nama domain (yang mudah diingat dan digunakan manusia) menjadi nomor Protokol Internet (IP), yang diperlukan komputer untuk menemukan satu sama lain di Internet. Masyarakat yang bekerja menggunakan komputer di seluruh dunia memegang bagian tertentu mereka dari database ini, dan data pada masing-masing bagian database tersebut tersedia untuk semua komputer dan pengguna di Internet. DNS terdiri atas komputer, berkas data, perangkat lunak, dan manusia yang bekerja sama.

SISTEM PENDAFTARAN BERBAGI

Sistem Pendaftaran Berbagi yang dikembangkan oleh Verisign membolehkan beberapa pencatat menyediakan layanan pendaftaran nama domain Internet dalam domain tingkat atas (TLD) yang dijalankan oleh Verisign. Sistem tersebut (protokol serta perangkat lunak dan perangkat keras terkait) mencakup subsistem berikut: subsistem server database, subsistem pendaftaran yang menjamin akses setara ke registri melalui semua pencatat; subsistem penagihan; subsistem pengembangan dan pengujian sistem; subsistem pembuatan berkas zona TLD; dan subsistem Whois. Sistem ini konsisten dengan, dan mendukung, provisi Pernyataan Kebijakan terhadap administrasi Sistem Nama Domain, Manajemen Nama dan Alamat Internet, 63 Fed Reg. 31741 (1998) ("Laporan Resmi"), serta Amendemen No. 11 tentang Perjanjian Kerja Sama NCR-92-18742 antara Pemerintah AS dan Verisign.

SITUS WEB INTERNIC

InterNIC adalah merek layanan terdaftar dari Departemen Perdagangan AS. Situs web ini dibuat untuk menyediakan informasi publik tentang layanan pendaftaran nama domain Internet.

SOA

Pengaktifan Otoritas

SRS

Sistem Pendaftaran Berbagi

SSL

SSL adalah akronim untuk Secure Socket Layer, yakni protokol keamanan yang memberikan privasi komunikasi melalui Internet. Protokol tersebut memungkinkan aplikasi klien/server berkomunikasi dengan cara yang dirancang untuk menghindari bocornya rahasia, perusakan, atau pemalsuan pesan.

Kembali ke atas

T

TLD

Domain Tingkat Atas

Kembali ke atas

U

URL

Universal Resource Locator, yakni alamat yang digunakan untuk mencari situs web di Internet (misalnya, http://www.verisigninc.com).

Kembali ke atas

W

WHOIS

Database dapat dicari yang dimiliki registri dan pencatat berisi informasi tentang pendaftaran nama domain di domain tingkat atas com, net, org, edu, dan kode negara ISO 3166. Selain itu, protokol, atau kumpulan aturan, berisi penjelasan tentang aplikasi yang digunakan untuk mengakses database. (Lihat Whois Pencatat dan Whois Registri.)

WHOIS PENCATAT

Database dapat dicari yang dimiliki pencatat berisi informasi tentang jaringan, organisasi jaringan, nama domain, serta kontak yang terkait dengan mereka untuk domain tingkat atas .com, .net, .edu, dan kode negara ISO 3166. Selain itu, protokol, atau kumpulan aturan, berisi penjelasan tentang aplikasi yang digunakan untuk mengakses database. Setiap pencatat menerapkan protokol Whois dan memiliki database Whois mandiri terpisah untuk pendaftaran nama domain terkait.

WHOIS REGISTRI

Ini adalah layanan Whois resmi untuk semua nama domain Internet tingkat kedua yang terdaftar di domain tingkat atas .com dan .net. Layanan ini tersedia bagi siapa pun. Untuk semua nama domain tingkat kedua yang terdaftar di .com atau .net, informasi sebagaimana diilustrasikan dalam contoh berikut akan ditampilkan:

Nama Domain: LIBERTY.COM
Pencatat: DOMAINDISCOVER
Server Whois: whois.domaindiscover.com
URL Arahan: http://www.domaindiscover.com
Server Nama: NS1.TRAINWEB.COM
Server Nama: NS2.TRAINWEB.COM
Status: AKTIF
Tanggal Diperbarui: 09-mar-2004
Tanggal Pembuatan: 22-mar-1993
Tanggal Kedaluwarsa: 23-mar-2005

Perlu diketahui bahwa informasi pengguna akhir tidak akan ditampilkan karena Verisign tidak memiliki informasi tersebut.

Kembali ke atas

Z

Zona TLD

Berkas berisi data yang menjelaskan bagian dari ruang nama domain untuk domain tingkat atas tertentu. Berkas zona berisi informasi yang diperlukan untuk menetapkan nama domain ke nomor Protokol Internet (IP). Berkas zona berisi nama domain, nama server nama terkait, serta alamat IP untuk server nama tersebut.

Kembali ke atas

PERLU INFORMASI LEBIH LANJUT?

  • +1-703-948-3200